Dosa ini atau Dosa itu

Kerohanian251 Views
Spread the love

Selamat pagi semua saudara dalam Kristus.
Kita seharusnya mengamati saat awal kemunculan dosa dan semua cara yang dipakai lblis saat menggoda kita, sekalipun selalu tampaknya tidak begitu berbahaya.

13 APRIL

Atau dapatkah orang berjalan di atas bara dengan tidak hangus kakinya?
Amsal 6:28

Apabila Anda bertemu orang yang terbaring sakit, lemah, dan terluka di rumah sakit terjangkit dengan bermacam-macam penyakit, dan seandainya Anda menanyakan bagaimana mereka bisa berada dalam situasi itu, dan mereka memberitahukan tentang
penyebab masalah mereka, bukankah itu akan membuat Anda waspada terhadap penyebab tersebut? Sudah pastilah demikian.

Apabila Anda mengunjungi sebuah penjara bawah tanah, dan melihat orang-orang menyedihkan yang terbelenggu dengan rantai sedang menunggu hari pelaksanaan hukuman mati, dan menanyakan bagaimana mereka bisa sampai dalam kondisi seperti itu, dan mereka semua memberitahukan penyebab yang sama, apakah Anda tidak akan menjadi waspada dan menghindari penyebabnya?

Demikian juga dengan hal masuk ke dalam pencobaan.

Ah! Betapa banyaknya jiwa-jiwa papa yang menyedihkan, terluka secara rohani oleh dosa ini atau dosa itu, yang kita temui di mana-mana.

Tanyailah bagaimana mereka telah masuk ke dalam
situasi itu

Celaka! Kami telah masuk ke dalam pencobaan dan jatuh ke dalam perangkap terkutuk, dan hal tulah yang telah membawa kami ke dalam keadaan yang
menyedihkan ini:

“Betul, jika manusia dapat memandang ke dalam penjara neraka, dan melihat jiwa-jiwa yang terkutuk dan menyedihkan terbelenggu di dalam rantai kegelapan, dan mendengar jeritan mereka, apa yang terdengar?

Bukankah mereka mengutuki para penggoda dan godaan mereka? Akankah kita mengabaikan hal-hal ini?

Seandainya Anda kenal semua yang telah jatuh ke dalam pencobaan, Anda tentunya akan lebih waspada dan berhati-hati.

Manusia tidak akan keluar dari pencobaan tanpa luka-luka dan parut bekas luka.

Kita seharusnya mengamati saat awal kemunculan dosa dan semua cara yang dipakai lblis saat menggoda kita, sekalipun selalu tampaknya tidak begitu berbahaya.

Bukankah kita sendiri sudah mengalami kelemahan, kebodohan, dan kuasa godaan yang sulit dikalahkan?

Jika Anda melalaikan penjagaan yang cermat, sudah pasti Anda akan masuk ke dalam pencobaan, dan sepasti itu juga akan jatuh ke dalam dosa.

Jangan menyanjung diri sendiri: “Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia tegun berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!” [1Kor. 10:12].

Anugerah yang telah Anda terima pada masa lalu tidak akan melindungi Anda dari si jahat sekarang; Anda wajib berdiri teguh sambil berjaga-jaga.

John Owen (1616-1683), Works, VI: 149-150

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *