Orang yang menjengkelkan

Kerohanian677 Views
Spread the love

Para pembaca yang budiman, pernahkah saudara menghadapi orang-orang yang menjengkelkan? Saya pikir bahwa kita pasti pernah kecewa dibuat orang-orang disekitar kita, atau komunitas yang kita ikuti. Kalau terlalu sering kita mengalaminya, biasanya kita akan meninggalkan komunitas itu dan mencari yang sesuai dengan keinginan kita.

Tetapi yang bikin kepala pusing adalah bila kita melakukan hal yang baik, orang disekitar kita malah mencibir dan mengatakan: ”Sok orang suci”. Bagaimana bila anda mendapat perlakuan demikian? Salah seorang pejabat Negara Indonesia mengatakan: ”Jangan pedulikan penilaian orang lain kalau tindakan anda itu benar”.

Seringkali kita gagal melakukan hal-hal yang baik karena terpengaruh penilaian orang lain. Dalam pelayanan anak sekolah minggu atau pelayanan di gereja, kita sering menemukan orang sulit diajak kerja-sama. Jumlah mereka biasanya lebih dari satu. Orang-orang ini mungkin memiliki kebutuhan emosional khusus,rasa tidak aman.Dia juga memiliki ketrampilan sosial yang kurang. Kita menyebut mereka orang yang MAE (Membutuhkan Anugerah Extra)
Allah menempatkan orang ini berada disekitar kita agar mereka dapat bertumbuh dengan kehadiran kita.

Dengan tingkah mereka, apakah kita mengasihi mereka atau menyingkirkan mereka?
Dalam sebuah keluarga, penerimaan keberadaan anak tidak didasarkan seberapa cerdas anak itu atau seberapa cantik dia. Penerimaan didasarkan kepada kenyataan bahwa kita saling memiliki.
Kita membela dan melindungi keluarga. Salah satu anggota keluarga mungkin bodoh, tetapi dia adalah bagian dari kita. Demikian juga kepada sesama pelayan di gereja atau sekolah minggu. Alkitab berkata: ”Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat”.

Kita harus menyadari bahwa kita memiliki sifat-sifat khusus dan ada sifat yang menjengkelkan. Dasar bagi persekutuan adalah hubungan kita dengan Allah. Kita adalah keluarga.. Satu kunci untuk dapat menunjukkan sikap hormat adalah memahami darimana orang itu berasal. Temukan sejarah mereka sehingga dia memiliki kebiasaan yang menjengkelkan.

Salam hangat
Walz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *