Mencuri

Kerohanian326 Views
Spread the love

Anak muda itu bersiul dengan riang karena barusan dia belanja di toko, dia malah mendapat uang kembalian yang tidak diduganya melebihi dari nilai uang yang dibelanjakannya. Dengan senangnya dia bercerita: ”Aku baru dapat rejeki dari penjaga toko”, lalu sahabatnya itu menjawab. ”Kamu ini penipu, karena kamu diam saja tdk memberitahu penjaga toko berbuat kekeliruan”. “Loh,itu bukan salahku kawan, dia saja yang bego. Jadi aku terima saja karena menguntungkan buatku, katanya menjawab tegoran sahabatnya. Pembeli itu merasa benar dengan tindakannya. Dia acuh saja kepada tegoran sahabatnya.

 

Jika kita menyadari akan kejadian diatas dan tidak mengatakan apapun berarti kita berbuat curang kepada penjaga toko itu. Ini sama dengan pencurian milik orang lain. Dan apabila kita menemukan barang milik orang lain yang hilang dan tidak mau mengembalikan kepada si pemilik, itu sama dengan kita mencuri milik orang lain.

Kita meminjam sesuatu dari orang lain dan tidak mengembalikannya, kita tidak lagi meminjam barang itu, tetapi mencurinya. Ketika kita merusak milik oran lain, itu juga sama dengan mencuri. Kejadian seperti diatas sudah menjadi kebiasaan banyak orang di jaman sekarang.

Ini bertolak belakang dengan kehendak Tuhan yang melarang kita mencuri.(Perintah ke delapan)

Amsal 20:17 mengatakan demikian:”Roti hasil tipuan sedap rasanya, tetapi kemudian mulutnya penuh dengan kerikil”.

Menipu adalah mencurangi seseorang sehingga si penipu mendapatkan keuntungan berupa uang dll. Bayangkan meletakkan sesuatu yang enak dan manis didalam mulut dan ketika mengunyahnya makanan itu berubah menjadi kerikil. Ayat ini menerangkan, inilah rasanya memperoleh sesuatu dengan curang. Awalnya sipenipu menikmati apa yang dia dapatkan. Akan tetapi karena tindakan itu tdk berkenan bagi Allah, maka kelak dia akan menderita.

Perintah ke delapan melarang segala perbuatan mengambil uang atau harta dari kita atau dari orang lain secara tidak benar.

Walz

-Walsinur Silalahi-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *