Allah Tempat Perlindungan

Kerohanian178 Views
Spread the love

Selamat pagi semua saudara dalam Tuhan.
Allah adalah tempat perlindungan yang teduh dalam badai dan Ia mampu memberikan ketenangan bagi jiwa yang gelisah.

12 MEI

Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.
Yeremia 33:3

Yang Mahatinggi adalah Allah yang mendengar doa. Sekalipun la Allah yang tiada taranya, dan tidak pernah membutuhkan makhluk-makhluk ciptaan, tetapi la dengan penuh kasih sayang berkenan memperhatikan cacing papa dari debu tanah.

la menyatakan diri-Nya sebagai Dia yang duduk di atas takhta anugerah, yang memungkinkan manusia datang kepada-Nya di dalam doa.

Dalam kebutuhan kita, la mengizinkan kita datang dan memohon kepada-Nya, dan la bersedia mendengar doa-doa kita.

Allah telah memberikan banyak janji untuk mendengarkan doa-doa kita; Alkitab penuh
dengan contoh-contoh demikian. la memanifestasikan diri-Nya sebagai Allah yang
mendengar doa.

Apa yang dimaksud dengan Allah yang mendengarkan doa-doa kita? Implikasinya
ada dua:

(1) la menerima permohonan mereka yang berdoa kepada-Nya. la berkenan kepada para pendoa. la menerima kehormatan yang kita persembahkan melalui tindakan doa kita.

2) la menyatakan diri-Nya kepada kita melalui perjumpaan khusus dengan rahmat dan kecukupan diri-Nya. Selagi kita berdoa, la mengaruniai kita pemandangan indah tentang anugerah dan kedaulatan-Nya yang mulia.

la memampukan kita beristirahat di dalam Dia dan menyerahkan semua doa kita kepada-Nya, tunduk kepada kehendakNya, dan mengandal kan anugerah dan kesetiaan-Nya.

Hana datang dan mencurahkan isi hatinya di hadapan Allah, dan Allah menenangkan pikirannya, dan menyingkirkan kesedihannya (1Sam. 1).

Tampaknya ini merupakan perjumpaan menyegarkan dengan Allah, yang Allah ciptakan bagi Hana sehingga ia mampu dengan tenang tunduk kepada kehendak-Nya, dan mengandalkan kemurahanNya.

Jangan menyimpulkan bahwa hal khusus yang Anda doakan pasti akan dikabulkan sebagai jawaban atas doa-doa Anda.

Namun, Allah dapat dan memang pasti menyatakan penerimaan-Nya terhadap doa-doa kita, maka kita dapat dengan yakin mengandalkan providensi-Nya (pemeliharaan Nya) dan di dalam pengaturan dan pembenahan-Nya yang penuh kemurahan sehubungan dengan apa yang sedang kita doakan.

Allah memanifestasikan penerimaan-Nya atas doa-doa kita dengan tindakan-Nya yang selaras dengan kebutuhan dan permohonan kita.

Jonathan Edwards (1703-1758), Works, II:114

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *