LAHIR BARU

Kerohanian44 Views
Spread the love

Selamat pagi semua saudara dalam Kristus. Terkadang kita bertanya bagaimana saya tau sudah lahir baru? Salah satu tanda nya adalah: Orang lahir baru menghormati semua perintah Allah. Kepekaan hati nuraninya menjangkau sampai ke dosa-dosa kecil dan tugas-tugas remeh.

11 JANUARI

Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat.
Efesus 2:3

Manusia-baru mengambil jalan yang baru. Percakapannya sekarang mengenai hal-hal sorgawi.

Dengan panggilan Kristus yang tidak mungkin gagal, orang tersebut dengan segera menjadi pengikut-Nya.

Tatkala Allah telah mengaruniakan kepadanya hati yang baru, sejak itulah ia berjalan dalam perintah-perintah-Nya.

Meskipun dosa mungkin masih hadir di dalam dirinya sebagai tamu menjengkel kan yang tidak diundang.

Dosa tidak lagi menguasai orang tersebut. la bukan lagi seorang manusia yang berbeda saat di rumah dengan saat berada di gereja.

la bukan lagi seorang kudus saat bertelut
dan seorang biasa penipu di tempat kerjanya.

la berpaling dari semua dosanya dan menaati semua perintah dan hukum Allah, walaupun belum sempurna, tetapi secara tulus, tidak mengizinkan dirinya melanggar satu hukum pun.

Sekarang ia bersukacita di dalam Firman, dan menetapkan dirinya untuk berdoa.

la memiliki hati nurani yang baik, bersedia untuk hidup dengan jujur dalam segala hal tanpa hasrat menyinggung hati Allah maupun manusia (lbr. 13:18).

Sekarang Anda menemukan ketidakberesan dalam diri banyak orang yang mengaku sebagai orang Kristen yang baik.

Mereka mengambil tugas-tugas gereja yang kecil dan mudah, namun tidak bersungguh-sungguh dalam tugasnya. Mereka ibarat kue setengah matang.

Anda mungkin menemukan bahwa perkataan mereka fasih dan tepat waktu dalam transaksi mereka, tetapi mereka tidak menjalankan hidup yang saleh: mereka tidak biasa mengendalikan hati mereka.

Anda melihat mereka berlaku baik di gereja, tetapi ikutilah mereka hingga di rumahnya, walaupun baru sedikit yang terlihat, namun sangatlah jelas cara pandang mereka yang duniawi.

Ikutilah terus sampai ke kamar mereka, dan Anda akan menemukan bahwa mereka jarang mengurus kerohanian mereka.

Mereka tampak religius, tetapi tidak mengekang lidah mereka (Yak. 1:26)

Mereka mungkin melakukan doa pribadi dan keluarga: tetapi jika Anda mengikuti mereka sampai ke tempat kerjanya, Anda akan menemukan mereka terbiasa berbohong, atau menipu secara halus.

Orang munafik tidak taat sepenuhnya kepada Firman Allah.

Sebaliknya, seorang manusia-baru menghasil kan buah kesucian, dan meskipun masih membuat noda, tetapi hukum dan kehidupan Yesus merupakan pola yang diteladaninya.

la menghormati semua perintah Allah. Kepekaan hati nuraninya menjangkau sampai ke dosa-dosa kecil dan tugas-tugas remeh.

Joseph Alleine (1634-1668), 4 Sure Guide to Heaven, him. 36-37

sumber : WAG inkribs/HS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *