Obat-obat anti sakit dan radang (Non- Steroid Anti Inflammatory Drugs/ NSAID).

Kesehatan321 Views
Spread the love


Foto ini muncul di beranda facebook saya. Semua obat di foto tersebut adalah kelompok NSAID.

NSAID adalah obat yang bekerja untuk mengurangi peradangan, rasa sakit dan demam. Dari foto dapat dilihat nama-nama obatnya: Cataflam, Ponstan (Asam Mefenamat), Kaditec (Diclofenac Potassium), Celecoxib, dan Etoricoxib.

Di foto tersebut ditulis ‘obat untuk sakit gigi’. Seperti yang saya tulis diatas, obat-obat tersebut memang diindikasikan untuk mengurangi rasa sakit, jadi indikasi tersebut tidak salah. Yang saya khawatirkan dari foto tersebut adalah penggunaan obat tanpa mengetahui risiko-risiko yang mungkin muncul terkait dengan penggunaan obat-obat tsb.

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan berkaitan dengan penggunaan NSAID:
NSAID tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang punya sejarah alergi (mengalami sesak nafas) terhadap obat-obat kelompok ini.

NSAID dapat mengiritasi saluran cerna. Ada orang-orang tertentu yang mengalami ini. Penggunaan terus menerus (kronis) bisa berakibat perlukaan disaluran cerna yang dapat berakibat perdarahan internal, terutama berbahaya pada orang lanjut usia.

NSAID tidak boleh digunakan oleh penderita asma. Obat ini memicu serangan asma pada penderitanya
NSAID tidak boleh digunakan oleh penderita hipertensi, karena obat ini bisa memperburuk hipertensi dan mengakibatkan obat anti hipertensi tidak bekerja efektif. Seperti kita ketahui, penderita hipertensi banyak yang usia dewasa muda, jadi kalau anda penderita hipertensi dan mau menggunakan salah satu obat difoto, konsultasikan dengan dokter/apoteker dan monitor tekanan darah anda selama menggunakan NSAID.

NSAID tidak boleh digunakan oleh penderita penyakit jantung dan stroke, obat ini memperburuk kondisi jantung dan stroke.

NSAID tidak boleh untuk penderita gangguan ginjal, karena memperburuk fungsi ginjal

NSAID tidak boleh digunakan oleh ibu hamil karena bisa berakibat gagal jantung pada bayi yang dilahirkan. Kejadian sakit gigi paling umum dikeluhkan ibu hamil, jadi hal ini penting diperhatikan.

Lalu, bagaimana sebaiknya menggunakan obat-obat tersebut? Obat-obat ini efektif untuk mengurangi rasa sakit. Namun sebelum digunakan, ini juga berlaku untuk obat apapun, konsultasikan dulu dengan dokter dan apoteker.

Sampaikan masalah-masalah kesehatan apa yang anda alami, supaya bisa dipilihkan obat yang paling aman untuk digunakan dan sangat penting untuk menanyakan hal-hal yang perlu diwaspadai terkait penggunaan obat apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *